Mencermati Jadwal UN SMA 2012

Jadwal UN SMA 2012

Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2012 tengah berlangsung. Menyimak jadwal pelaksanaan tahun ini tampak terdapat perbedaan dibanding tahun sebelumnya. Senin 16/4/2012 dilaksanakan UN untuk mapel Bahasa Indonesia. Selasa 17/4/2012 dilaksanakan UN untuk mapel Bahasa Inggris pada sesi pertama dan mapel Fisika/Ekonomi pada sesi kedua. Selanjutnya untuk hari ketiga Matematika, dan hari keempat Kimia/Sosiologi pada sesi pertama dan Biologi/Geografi pada sesi kedua. Pada tahun-tahun sebelumnya UN mapel Bahasa Indonesia biasanya dilaksanakan satu hari dengan mapel lain. Perubahan ini sudah barang tentu menimbulkan tanda tanya bagi para pelaku pendidikan di lapis bawah.

Statistik Hasil UN

Masing-masing mapel UN memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pada umumnya mapel Bahasa Indonesia dianggap mapel dengan tingkat kesulitan yang tidak begitu tinggi. Hal ini dikarenakan Bahasa indonesia telah menjadi bahasa pengantar resmi di sekolah dan telah menjadi bahasa pergaulan di masyarakat. Disamping asumsi di atas, secara statistik nilai hasil UN mapel Bahasa Indonesia lebih tinggi dari mapel lain secara signifikan. Sebagai contoh nilai rata-rata hasil UN SMA N 1 Cipari masing-masing mapel pada tahun 2011 menunjukkan sebagai berikut : Untuk siswa kelompok IPS Bahasa Indonesia 7,85; Bahasa Inggris 6,39; Matematika 6,06; ekonomi 7,77; Sosiologi 7,32; Geografi 6,47. Untuk siswa IPA Bahasa Indonasia 8,11; Bahasa Ingris 6,2; Matematika 4,87; Fisika 6,13; Kimia 6,43; Biologi 6,68.

Korelasi Hasil UN dan Jadwal UN

Menilik data tersebut di atas, maka tidak semestinya mapel Bahasa Indonesia dilaksanakan terpisah, sementara mapel Bahasa Inggris disandingkan dengan mapel Fisika, dan mapel Kimia disandingkan dengan mapel Biologi. Kebijakan penyusunan jadwal UN merupakan kebijakan yang bersifat nasional. Ada baiknya pembuat kebijakan mempertimbangkan dengan seksama dalam penyusunan jadwal UN. Ingat menyusun jadwal UN tidak seperti menyusun jadwal ronda siskamling. Prestasi UN anak bangsa memiliki korelasi signifikan dengan jadwal pelaksanaan UN. (by. Darto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: