Klinik Prestasi

Gue Sibuk Pekerjaan Rumah !

Pekerjaan rumah sangat banyak macamnya. Dari bangun tidur sampai tidur lagi nggak ada habisnya. Kadang ada orang tua yang kurang memahami kebutuhan istirahat dan belajar anaknya. Anak baru pulang sekolah udah disuruh nyabit rumput. Abis nyabit rumput baru mau ngerjain tugas ticer udah disuruh cuci piring. baru duduk buka buku disuruh ambil air. pokoknya adaaaaa aja.

Kalau emang begitu apa mau dikata? Tapi jangan memble dulu! Ada dua kiat buat ngatasinya!

1. Catat pekerjaan apa saja yang ortumu biasa nyuruh buat kamu kerjain. Setelah kamu catat, tolong selesaiin semua pekerjaan itu sebelum ortumu buka suara buat nyuruh kamu. Setelah semua kelar, bilang ama ortumu bahwa kamu mau ngerjain tugas ticer kamu, atau belajar.

2. Jika pekerjaan itu memang terlalu banyak (over), kamu bisa minta bantuan guru BK di sekolah kamu. Bilang aja terus terang. Bu, pekerjaan saya dirumah terlalu banyak sehingga saya nggak sempat ngerjain PR dan belajar sehingga sering dimarahi guru. Kalau gini terus saya bisa tidak naik kelas. Tolong Bu, bantu saya untuk mendapat pengertian orang tua sehingga saya punya cukup waktu untuk belajar. Jika memang guru BK kamu orang BK, pasti bisa memahami masalahmu dan akan menyelesaikannya tanpa menimbulkan masalah baru buat kamu.

Selamat mencoba semoga sukses sukses. (by. Darto)

 

Gue Belum Bisa Bayar Sekolah !

Emang nggak semua orang kaya. Pun juga nggak semua orang miskin. Ukuran kaya miskinpun sulit ditentuin. Pada zaman materialistis (zaman orang cari untung) sangat banyak orang ngaku miskin. Tapi ada juga orang yang miskin beneran, artinya bukan orang yang ngaku-ngaku miskin. Boleh jadi kita salah satunya. Kadang juga ada orang nggak miskin, cuman suatu saat kena musibah sehingga mengalami kesulitan keuangan sehingga butuh bantuan.

Kadang ada siswa ngeluh belum bisa bayar uang sekolah, padahal besok pagi ada tes ! Emang sih biasanya siswa yang belum bayar uang sekolah tidak dikasih kartu tes, tapi itu tidak berarti siswa tersebut kagak boleh ngikut tes. Sebenarnya untuk SMAN 1 Cipari, siswa yang belum bayar sekolah tetep bisa dapat kartu tes. Asal orang tua siswa mau ngambil sendiri ke sekolah. Rumit dong ?

Sebenarnya nggak rumit, cuma sekolah pengen tahu bener nggak orang tua kamu belum ngasih uang sekolah? Sekolah khawatir uang itu sudah diberi sama orang tua kamu tapi uang itu nggak nyampai sekolah. Ingat, nggak ada sekolah negri yang ngeluaran siswa karena nggak mampu bayar sekolah. Bila kamu belum bisa bayar uang sekolah, minta aja orang tua kamu ke sekolah nemuin kepala sekolah buat jelasin permasalahan yang sebenarnya. Urusan bayar sekolah itu bukan urusan siswa, tapi urusan orang tua siswa dengan sekolah. Jadi nggak masalah jika memang kamu belum bisa bayar uang sekolah. (by. Darto)

5 Kunci Sukses Belajar

Banyak siswa mengeluhin prestasi belajarnya nyang amburadul. Sebenernya kagak sulit-sulit amat buat ngeraih prestasi yang baik (good level). Emang sih buat ngeraih prestasi terbaik (best level) bukanlah perkara gampang. Kenapa begitu ? Prestasi terbaik emamg diperuntukkan bagi orang-orang pilihan. Orang yang terlahir dengan otak jenius, orang yang nggak punya kegiatan kecuali belajar, orang yang mampu beli buku-buku tambahan, atau orang yang mampu bayar guru les privat yang handal.

Tapi buat kita-kita yang biasa aja, prestasi baik sudahlah cukup. Nggah usah ngimpi jadi jawara. Berikut ada resep buat ngeraih prestasi baik.

1. Miliki Bahan Belajar. Artinya kita-kita harus punya buku buat di baca atau dipelajari. Nggak usah mikirin buku mahal di atas Rp. 50.000,- . Harga Rp. 10.000 aja udah cukup.

2. Bacalah buku itu sebelum ticer ngajar di kelas. Dalam istilah kerennya lakukan preview. Saat ngelakuin preview, lakukan dengan ringan. targetnya pokok ngebaca. Ngerti syukur alhamdulillah. Nggak ngerti ya syukur alhamdulillah. Dengan preview kita jadi punya bahan buat nanyain ke ticer besok saat di kelas.

3. Fokus saat dikelas. Artinya saat ticer kita ngajar, tolong perhatiin dengan serius. Jangan saat di ajar ticer kita-kita malah nulis puisi, atau malah ngliatin keluar kelas nonton kelas laen yang lagi latihan basket. jangan lupa kita catat penjelasan ticer yang emang di buku kita kagak ada.

4. Nyampai rumah kita baca lagi topik yang barusan disampein ama ticer. atau istilah kerennya kita lakuin review. Kita kerjain ulang latihan soal yang tadi kita kerjain di kelas.

5. Kerjain soal latihan ulangan nyang ada di bagian akhir tiap bab. Bila ada yang kagak bisa, tanyain ama ticer saat ketemu di kelas besok pagi.

Kagak ada nyang sulit. lakuin aja kiat ini, gue jamin jika kecerdasan lue normal, sukces pasti lue jelang. Good luck. (by. Darto)

Gue Diputusin Do’i

kamu diputusin ama do’i dan stress?  Emangnya cuman kamu yang pernah putus cinta? Hampir setiap orang pernah patah hati. Yang nggak pernah patah hati cuman orang yang nggak pernah jatuh cinta. ada yang patah hati 10x, ada yang 5x, 3 x, tapi ada pula yang cuman 1x. Emangnya kamu tahu bahwa pacar kamu itu ditakdirkan jadi suami/istri kamu kelak ? Nggak ada yang tahu takdir man! Siapa tahu takdir suami/istri kamu kelak lebih keren dari pacar yang mutusin kamu.

kalo kamu denger cerita gue yang udah beranak tiga ini, ternyata gue nggak nyangka kalo tetangga gue bakal jadi istri gue saat ini. ceritanya seru! Masak sampai gue mau selesai kuliah, gue nggak kenal dia. Padahal dia itu temen TK (taman kanak2) adik gue. gue baru kenal dia saat temen kuliah gue ngenalin ama dia. Cerita terusnya lebih seru!

Oooo, iya. Kalo kamu cuman diputusin, nggak usak dipikirin. Banyak yang udah menikah sampai beranak lima aja, cerai juga! pesen gue, lupain aja dia. bikin enjoy aja. Main basket sore-sore ama temen-temen. joging or lari pagi. Ngenet asyik juga. Kalo otak kamu masih panas, nyemplung aja kolam renang, ntar jadi fresh daah. dijamiiin. met nglupain mantan pacar dan menyongsong masa depan. (by. Darto)

Bokap gue nikah lagi.

Jika bapak kita nikah lagi, biasanya kita stress, marah, benci dan sebagainya. Buntut yang paling merugikan, prestasi kita akan anjlok terkapar dari ranking 5 menjadi ranking juru kunci. ya nggak ? Rasanya hidup enggan mati tak mau. Kalau sampai ketahuan temen waduh malu banget. Seakan derajat kita jatuh ke titik terendah.

Sebenarnya sih nggak gitu. Nabi Muhammad aja istrinya empat. Nabi Ibrahim istrinya dua. Nabi Sulaiman istrinya hampir seratus. We e e e, gile kali. Huss, nabi nggak akan gile. Yang gile itu orang yang menganggap beristri lebih dari satu lebih gile dari pada orang yang berselingkuh atau ke tempat pelacuran. Otak kita aja yang udah tercemar virus-virus sekuler dari eropa.

Bapak kita nikah lagi, itu bukan urusan kita man. Bapak kita nggak setia dong ama mami kita ? itupun bukan urusan kita. Looh ngasih saran ke babe sih boleh-boleh aja, tapi nggak usah serius. Dan hati-hati entar kena semprot basah kuyup looh. Lantas gue mesti gimana donk ? Be beautiful baby. Jadilah anak manis. Make your mother happy. And make your father happy to. yang penting looh baik ama dua-duanya. Peringatan keras, jangan sampai kamu mencela istri baru bapak looh. Yang penting biaya sekolah tetep lancar. Ingat kamu harus berusaha menyelamatkan masa depanmu sendiri. Safe your future. Ortumu akan meninggal dan kamu akan sendiri. Maka jadilah orang sukses saat sekarang dan orang sukses massa yang akan datang. Bokap gue kawin lagi ? Emangnya gue pikiran. Good luck. (by. Darto)


Jika anda jatuh cinta.

Jatuh cinta adalah sesuatu yang membahagiakan, mendebarkan bahkan mungkin menakutkan. Jatuh cinta merupakan sesuatu yang tidak dapat direkayasa. terjadi begitu saja tanpa bisa kita menolaknya. Tapi kita perlu mewaspadainya.

Jatuh cinta suka bikin kita melamun, berangan-angan, berlama-lama menatap fotonya, nggak bisa konsentrasi, nggak bisa tidur dan sebagainya. Akibatnya gara-gara jatuh cinta prestasi kita melorot drastis. Jangan pernah percaya bahwa jatuh cinta dapat meningkatkan prestasi.

Lantas mesti gimana jika kita jatuh cinta ? Toh jatuh cinta tidak kita sengaja ? Okey, I understand about your question. Or gue ngerti pertanyaan looh. Jika kita jatuh cinta biarin aja. Kagak usah kita nyatain cinta ama dia. Lho, entar kalau dia disabet orang lain gimana? Ya biarin, toh walaupun dia pacar orang lain kamu tetep boleh makan bakso bareng dia. Toh walaupun dia pacar orang lain kamu tetap boleh membonceng atau dibonceng ama dia . Kalau entar pacarnya marah ? Bilang aja sama pacarnya kalau kamu bukan pacar dia. Kalau gue pengin ketemu dia gimana? Ya temuin aja. Kalau gue pengin maen ke rumahnya gimana? ya main aja, asal tahu waktu agar tidak bikin keluarganya sebel ama kamu. Pokoknya “never say Ilove you”. Jika kamu dapat bertahan selama 2 minggu, jatuh cinta itu tidak lagi mengganggu kamu.

Kamu mesti selalu ingat, kamu tidak tahu siapa calon suamimu kelak. Jalan menuju pernikahan masih panjang. Boleh jadi suami/istrimu kelak seorang dokter. Boleh jadi kelak suami/istrimu seorang direktur. Boleh jadi kelak suami/istrimu seorang presiden. Siapa tahu ? Makanya jangan buru-buru menyatakan “I love you” . (by. Darto)

Shalat sunat dan prestasi.

Shalat sunat mampu meningkatkan kecerdasan seseorang. Shalat sunat memiliki fungsi seperti minyak pelumas terhadap mesin. Dengan minyak pelumas roda-roda mesin yang seret menjadi lancar. Demikian halnya dengan shalat sunat.

Tatkala seseorang melaksanakan shalat  mula-mula aktivitas otak didinginkan (cooling down) dengan konsentrasi pada bacaan shalat sambil berdiri. Setelah pendinginan otak dirasa cukup, otak dipersiapkan untuk mengalami penggelontoran zat makanan,  oksigen dan pembersihan zat sampah melalui rukuk. Persiapan ini perlu agar tidak terjadi kejutan pada otak yang dapat berakibat pecahnya pembuluh darah atau kejangnya bagian tertentu darim otak. Setelah persiapan cukup, maka tahap penting pencerdasan otak dimulai yaitu melalui aktifitas sujud.

Pada saat sujud posisi kepala berada di bawah jantung. Posisi ini menyebabkan pasokan darah ke otak meningkat secara drastis. Debit aliran darah yang dahsyat ini akan mampu membersihkan otak dari zat-zat sampah dan memberikan ekstra pasokan oksigen dan zat makanan. Wal hasil setelah shalat otak kita menjadi lebih segar dan siap untuk bekerja kembali. Kesegaran otak akan mampu meningkatkan daya serap otak saat kita belajat dan pretasipun makin mudah kita raih. Namun perlu diperhatikan, bahwa shalat tersebut harus dilakukan dengan lembut, bertempo lambat dan penuh kekhusyu’an.

Namun demikian masih ada side effect positip yang lain. Efek samping dimaksud adalah ketenangan batin dan kemantapan kepribadian pelakunya. Orang yang rajin shalat menjadi tidak mudah emosi, tidak mudah putus asa dan tidak mudah stres. Yang lebih membahagiakan, jika shalat ini dilakukan secara ikhlas untuk mendapatkan ridho Allah akan menghasilkan kebahagian kekal kelak di akhirat. (by. Darto, S.Pd)


Today we study today we mastery.

Tidak sedikit siswa yang lupa terhadap konsep-konsep yang diajarkan guru pada minggu atau hari sebelumnya. Padahal pada saat diajar siswa tersebut telah dapat menerapkannya untuk menyelesaikan soal-soal latihan. Lantas apa yang salah?

Yang salah karena siswa tersebut tidak mengulang kembali pelajaran yang tadi dipelajarinya di sekolah. Bahkan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru dengan tujuan untuk memperkuat ingatan dan pemahaman dilewatkan begitu saja tanpa dikerjakan. Yang penting beres besok mengcopy pekerjaan teman. Memang teman anda yang ngerjain soal dan anda yang nyontek sama-sama tidak dihukum oleh guru, tetapi teman anda yang ngerjakan PR hafal dan fahan pelajaran , tetapi anda cuma dapat nyanyi-in lagu lupa-lupa ingat yang digubah group band “Kuburan”.

Sebenarnya sangat  gampang untuk mendapatkan nilai tujuh puluh. Caranya begitu pulang sekolah setelah anda makan siang, baca ulang pelajaran yang tadi diajarkan disekolah. Jika ada waktu selesaikan sekalian PR dari guru. Bila waktunya nggak ada,  kerjakan PR-nya nanti malam. Dengan begitu anda akan merasa mudah menyelesaikan PR, sebab masih ingat pelajaran pagi tadi. Dan biasanya PR yang diberikan guru juga ngak jauh-jauh amat dari latihan soal yang diberikan di sekolah. Selamat mencoba dan semoga sukses. So today we study today we mastery. (by. Darto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: