Sudahkah anda tahu ?

 

Mandi Pagi dan Nyeri Leher.

Nyeri leher merupakan gangguan berupa timbulnya rasa nyeri yang mengganggu apabila leher digunakan untuk menengok. Gangguan ini mudah timbul pada orang berusia 40 th atau lebih. Gangguan ini sering dipicu oleh kegiatan yang berlebihan. Kerja malam, kedinginan, bahkan tekanan mental (stress kerja) dapat memicu timbulnya nyeri leher. Ada pula yang mengatakan bahwa nyeri leher dikarenakan posisi tidur yang salah. Namun demikian penulis tidak setuju dengan pendapat ini.

Penulis menduga ada kaitan penting antara tekanan darah dengan gangguan nyeri leher. Namun demikian penulis belum menemukan referensi yang penulis pandang akurat terkait dengan gangguan nyeri leher. Gangguan nyeri leher ternyata tidak mudah ditanggulangi dengan obat penghilang nyeri, vitamin, anti radang, antibiotik, kompres hangat atau penyinaran dengan infra merah. Namun demikian penulis menemukan beberapa hal yang dapat meringankan gangguan nyeri leher. Olah raga, kerokan (menggosok kulit yang telah diberi minyak dengan koin hingga berwarna merah), jamu pencegah masuk angin, pace (noni), vitamin B dan mandi pagi dapat meringankan gangguan nyeri leher.

Akan tetapi penulis mendapatkan bahwa mandi pagi merupakan pemecahan paling efektif mengatasi nyeri leher. Lakukan mandi pagi menggunakan air segar (bukan air hangat) segera setelah bangun tidur antara pukul 04.00 hingga pukul 04.30. Jika hal ini dilakukan rutin, dalam waktu tak lebih dari 5 hari anda akan merasakan perubahan yang signifikan. (by. Darto)

Daun Sirih dan Sariawan.

Seriawan atau stomatitis aphtosa  adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa lukapada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Seriawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut

Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru), dsb.

Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb. (sumber : Wikipedia)

Sariawan yang terjadi pada lidah menyebabkan ketidak  kenyamanan yang luar biasa. Bahkan dapat menyebabkan sakit kepala. Sirih dapat membantu kita mengatasi sariawan. Kunyahlah daun sirih sebelum anda tidur. gunakan air ludah yang keluar untuk berkumur kemudian dibuang. akan lebih bagus jika kita melakukannya sehari 3x. (by. darto)

Mesin 4 Tak Lebih Irit daripada Mesin 2 Tak.

Mesin 4 tak selalu lebih irit bahan bakar dibanding mesin 2 tak. Hal ini disebabkan mesin 2 tak tidak dilengkapi katup pengatur masukan bahan bakar dan katup keluaran hasil pembakaran. Akibatnya tekanan gas dalam ruang bakar yang mestinya masih dapat dimanfaatkan untuk energi gerak, gas tersebut dibuang keluar lewat knalpot. Disamping boros bahan bakar, mesin dua tak  selain membutuhkan oli mesin, juga membutuhkan oli samping. Kebutuhan oli samping ini makin menambah biaya operasional mesin 2 tak.

Meskipun boros bahan bakar, tetapi mesin 2 tak punya kelebihan. Kelebihan teresebut diantaranya adalah mudahnya perawatan mesin dan tenaga mesin yang kuat. Perawatan mesin 2 tak lebih mudah, sebab tidak diperlukan penyetelan katup masukan dan keluaran. Mesin 2 tak lebih bertenaga, sebab dalam dua langkah terjadi sekali peledakan uap bahan bakar, sedangkan dalam mesin 4 tak dalam empat langkah baru terjadi sekali peledakan uap bahan bakar.

Gaya Gravitasi dan ball Point

Saat berada di lapangan dan kita hendak menuliskan sesuatu dengan segera, maka mencari meja sebagai alas untuk menulis adalah hal yang tidak mudah. Sebagai gantinya kita menggunakan punggung teman kita untuk alas menulis. Tetapi baru beberapa kata kita tuliskan, ternyata ball point yang kita gunakan macet. Mengapa macet ?

Macetnya ball point yang kita gunakan karena posisi ujung ball point berada di atas. Saat ujung Ball point berada di atas, maka gaya gravitasi menarik tinta ke bawah. Akibatnya tinta tidak mau keluar/ke atas menuju ujung ball point.


Kutub magnet utara dan selatan tak pernah terpisah.

Sebatang magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jika sebatang magnet dipotong jadi dua, maka masing-masing potongan juga memiliki kutub utara dan kutub selatan. demikian seterusnya. Dengan demikian kita tidak pernah dapat memisahkan kutub utara magnet dengan kutub selatan magnet.

Mengapa demikian ? Hal ini terjadi karena magnet timbul bukan karena keberadaan sebuah partikel. sebuah benda dapat bermuatan listrik positip jika benda tersebut kekurangan partikel yang bernama elektron. Sebuah benda dapat bermuatan listrik negatip jika benda tersebut kekurangan partikel yang bernama elektron. Sebuah benda bersifat netral secara kelistrikan jika jumlah partikel proton (partikel bermuatan listrik positip di dalam inti atom) sama dengan jumlah elektron (partikel bermuatan listrik negatif di kulit atom)

Magnet timbul karena gerakan siklik (melingkar) partikel bermuatan listrik. Jika partikel bermuatan listrik diam, maka partikel tersebut tidak mampu menghasilkan sifat magnet. Arah magnet yang timbul dapat kita ketahui melalui kaidah tangan kanan. Tegakkan ibu jari kanan dan genggamkan jari yang lain. Jika muatan positip bergerak melingkar mengikuti jari yang menggenggam, maka arah ibu jari menunjukkan arah kutub utara magnet yang timbul di pusat lingkaran. Jika yang bergerak muatan negatif, maka arah magnet yang timbul berlawanan dengan arah ibu jari. Terjawab sudah mengapa kutub utara magnet tidak dapat dipisahkan dari kutub selatannya.

Ingin bisa cas-cis-cus Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mah sebenarnya gampang. Kita aja yang salah cara belajarnya. Nyontek aja cara anak-anak Inggris atau Amrik belajar bahasa Inggris. Bangun tidur  ucapin “Selamat pagi”  pakai bahasa Inggris pada orang yang kamu temui. Jika nggak tahu, cari kamus atau tanya temen atau gurumu. Mereka nggak ngejawab, jawab sendiri pakai bahasa Inggris

Jantung tak berdetak tak selalu berarti mati.

Jika seseorang mengalami suatu trauma atau mungkin gangguan suatu penyakit, ada peluang jantungnya berhenti berdetak. Hal ini tidak selalu berarti orang tersebut telah mati. Tetapi jika henti jantung tersebut dibiarkan tanpa pertolongan, maka kematian memang akan segera menjelang.

Apabila jantung seseorang berhenti berdetak, maka aliran darah yang mensuplai kebutuhan zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh akan berhenti. Akibatnya sel-sel tubuh kekurangan makanan dan oksigen. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan kematian jaringan. Jaringan yang paling rawan mengalami kerusakan karena kekurangan oksigen adalah otak. Otak merupakan organ yang mengatur berbagai fungsi vital organ tubuh yang lain. Oleh karena itu kerusakan jaringan otak dapat menimbulkan ketidak berfungsian organ tubuh yang sebenarnya masih normal. misalnya menjadi lumpuh, bisu, tuli, buta atau yang lainnya .  Jadi henti jantung perlu ditolong sesegera mungkin.

Henti jantung ditolong dengan memberikan denyut jantung buatan. Letakkan telapak tangan pada ulu hati lalu lakukan hentakan menekan kira-kira sekali dalam satu detik. Posisi memberikan hentakan hendaknya dijaga seperti pada gambar agar hentakan yang diberikan tidak terlalu keras yang justru dapat menyebabkan kerusakan jantung atau jaringan tubuh yang lain. Pertolongan ini diberikan secara terus menerus sambil penderita diangkut ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

Henti jantung kadang disertai henti nafas, oleh karena itu kita perlu pula memberikan pertolongan dengan nafas buatan. biasanya kombinasi pertolongan henti jantung dan henti jantung dilakukan dengan lima atau tujuh kali hentakan jantung disela dengan pemberian pernafasan buatan dua kali tiupan. Mula-mula pastikan jalan nafas lewat mulut terbuka dengan sedikit meninggikan bagian leher. Sumbatlah hidung korban. Tariklah nafas dalam-dalam lalu tiupkan mulut korban hingga dada naik dan perut menggelembung. Hentikan peniupan sehingga udara keluar kembali dari paru-paru. Agar pemberi pertolongan tidak lelah, sebaiknya pertolongan dilakukan secara tim. Bila sampai tiga puluh menit korban belum berhasil ditolong dan tenaga medispun tak ditemukan barulah anda boleh menyerah dalam memberikan pertolongan.

Pada saat anda menolong perlu pula diperhatikan keselamatan penolong agar tidak tertular penyakit dari korban. (by. darto, S.Pd.)

Penjara bak lembaga pelatihan buat narapidana.

Tidak sedikit narapidana yang berulang kali masuk penjara. Dan biasanya mereka merasa biasa saja jika telah masuk penjara untuk yang ketiga atau yang ke selebihnya. Jika saat pertama kali masuk penjara karena mencuri telur, biasanya masuk yang kedua karena mencuri ayam, dan yang ketiga karena mencuri angsa. Yang jelas kualitas kejahatannya selalu meningkat. Jika menilik pengalaman bahwa Arab Saudi memiliki angka kejahatan terendah di dunia dengan hukum potong tangan buat pencuri, tampaknya kita perlu mempertimbangkan sistem hukum tersebut. (by. Darto)


Orang bisu biasanya tuli.

Berbicara atau berbahasa merupakan hasil belajar kita ketika masih bayi atau balita. Kita dapat berbahasa karena meniru bahasa dari orang lain yang kita dengar. Oleh karena itu balita di Inggris dapat berbahasa Inggris dan balita di Jerman dapat berbahasa Jerman. Apa yang terjadi jika sejak bayi kita tuli ? Tentu saja kita menjadi tidak dapat belajar berbahasa, karena kita tidak dapat mendengar bahasa orang lain sebagai sumber belajar berbahasa. Hal ini berarti kita akan menjadi bisu. (by. Darto)


1 hari bulan = 30 hari bumi ?

Bila anda berada di bulan selama satu hari (satu kali siang satu kali malam), maka itu berarti anda telah tinggal di Bulan selama 30 hari bumi (30 kali siang 30 kali malam). Hal ini terjadi karena bulan berputar pada porosnya satu kali putaran dalam 30 x 24 jam. (by. Darto)

Air Laut Berasa Asin ?

Mengapa air laut rasanya asin ?  Ketika air sungai mengalir ke laut, air tersebut melarutkan garam dari daratan. Saat air laut menguap menjadi awan, garam tersebut ditinggalkan di laut. Hal ini terjadi terus menerus, sehingga kadar garam pada air laut lebih tinggi dari kadar garam air sungai. (by. Darto)

loji klunthung

Loji Klunthung

Loji Klunthung.

Loji Klunthung dulunya merupakan rumah tinggal bagi karyawan PT. Migas Cepu. Tetapi karena mungkin tidak praktis dan tak nyaman, maka bangunan ini dibiarkan rusak. Sebenarnya patut disayangkan jika bangunan langka ini rusak. Tapi siapa peduli ? Mungkinkah ditetapkan sebagai cagar budaya ? Bagi yang ingin lihat silahkan ke Ngareng, Cepu, Jawa Tengah. (by. Darto)

Kegigihan dan Keberhasilan.

Belajar berjalan jauh lebih sulit daripada belajar matematika, fisika ataupun kimia. Belajar fisika tak ada resiko lutut anda luka atau hidung dan bibir anda berdarah karena terjatuh. Kegigihan anda belajar berjalan dimasa lampau telah membawa anda mahir berjalan, bahkan berlari dimasa sekarang. Seandainya anda memiliki kegigihan yang sama seperti saat anda belajar berjalan, tampaknya prestasi gemilang dapat anda raih pula dimasa sekarang (by. Darto)

2 Tanggapan

  1. loji….sebagai cagar budaya?waduh,nanti malah bingung, yang sudah jadi cagar budaya saja terbengkalai nihil anggaran bos…..sebagai warga cepu sudahkah peduli heee……

  2. artikelnya seederhana tapi bermakna pak,hebatt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: